Tags

Bagi anda yang belum tau apa itu Minilyrics. Akan saya jelaskan pada bahasan kali ini.

MiniLyric

MiniLyrics adalah aplikasi pendukung untuk berbagai pemutar musik yang menampilkan lirik lagu-lagu favorit Anda selagi yang akan otomatis muncul pada saat anda mendengarkan musik.

Sistem kerja untuk aplikasi ini adalah anda hanya perlu memutar lagu favorit anda, maka otomatis aplikasi akan berjalan dan mencari lirik dari judul lagu yang ditangkapnya dari lagu yang anda mainkan. Aplikasi ini membantu anda untuk berkaroke ria mendengarkan lagu kesayangan anda dan bernyanyi sesuai dengan lirik yang ada. Anda akan sangat terbantu untuk menghapalkan lagu-lagu kesayangan anda, lagu indonesia, inggris, india bahkan lagu berbahasa mandarin, korea, dan jepang anda juga bisa temukan liriknya. Untuk lirik lagu yang berbahasa mandarin,korea,jepang, dan sejenisnya yang mempunyai huruf” berbeda dari alfabet anda hanya perlu mencari lirik yang bertuliskan “romaji”. Maka anda tidak perlu repot-repot belajar terlebih dahulu membaca huruf” negara mereka. Sebagai contoh dibawah ini saya memutar sebuah lagu dari Boyband Asal Korea Selata C-Clown berjudul Far Away, tampilan minilyrics sepeti yang terlihat pada gambar ini :

cats

Perlu diingat pencarian pertama kali pada setiap lagu memerlukan jaringan internet, namun tenang saja biaya/kuota yang dihabiskan untuk pencarian hanya sedikit sekali jadi tidak akan menguras kuota dan pulsa internet anda.  Bagaimana apabila minilyrics tidak bisa mengidentifikasi judul lagu dan tidak menemukan liriknya seperti dibawah ini?

1

Pada contoh diatas saya memutar sebuah lagu dari boyband asal korea selatan 2PM yang berjudul A.D.T.O.Y / All Day I Think of You . Karena judul pada lagu gabungan dan cukup rumit, maka minilyrics tidak dapat menemukan lirik dari lagu tersebut. maka hanya terlihat artis dan judulnya saja. Untuk mendapatkan liriknya, anda harus melakukan pencarian secara manual. Ingat pencarian ini menggunakan koneksi internet. Perhatikan pada gambar dibawah ini

2

Seperti gambar diatas, untuk pencarian secara manual, anda perlu mengklik pada icon seperti kaca lup sepeti yang diarahkan panah. Kemudian akan tampil tampilan “cari lirik”. Pada bagian artis anda isikan dengan artis yang mempopulerkan lagu yang anda dengar, pada contoh saya tuliskan “2PM” boyband korea. Pada bagian Judul anda isikan dengan judul lagu tersebut, pada contoh saya tuliskan “All Day I Think of You” . Kemudian klik “Cari” dan dalam beberapa detik akan muncul pilihan lirik yang tersedia, pilih saja sesuai dengan pilihanmu, namun lebih baik untuk memilih yang jumlah angka pada baris “download” yang paling besar. Karena hal itu menunjukan bahwa lirik tersebut kualitasnya sangat bagus, pas dengan musik, dan sudah didownload oleh banyak orang. Setelah menemukan lirik yang dipilih lalu klik buka. Maka lirik akan muncul seperti gambar dibawah ini.

3

Lirik tersebut akan otomatis tersave pada aplikasi anda, sehingga anda dapat kapan saja bernyanyi sambil berkaroke dengan lirik yang muncul di minilyrics tanpa perlu adanya koneksi internet kembali. Aplikasi ini sangat menarik bukan? Saya mendapatkan aplikasi ini dari salah satu teman kampus saya. Sehingga saya mempunyai aplikasi ini dengan gratis dan sudah terdaftar tanpa perlu adanya pembelian atau regristasi. Untuk download aplikasi minilirycs secara gratis saya belum mencobanya. Bisa dicoba lewat dewa pencarian terbesar Google.

Berikut informasi tambahan yang saya dapat dari website http://minilyrics.id.softonic.com/

MiniLyrics adalah colok masuk untuk berbagai pemutar musik yang menampilkan lirik lagu-lagu favorit Anda selagi mereka dimainkan.

Sekilas
Menyanyikan lagu favorit Anda adalah salah satu kesenangan kecil dalam hidup, terutama ketika tidak ada orang di sekitar Anda. Tapi Anda jelas perlu tahu lirik lagu yang akan Anda coba nyanyikan. Untungnya, ini bisa ditemukan dengan mudah dengan MiniLyrics.

Cara kerjanya
MiniLyrics adalah colok masuk yang mencakup salah satu basis data lirik yang paling mengesankan yang akan dijumpai sebagian besar pengguna, bahkan jika mereka kolektor MP3 kompulsif.

MiniLyrics meluncur bersamaan dengan hampir semua pemutar musik yang dapat Anda bayangkan, termasuk iTunes, Winamp and Windows Media Player. Kemudian, klik tombol Play dan program secara otomatis akan mencari lirik, berdasarkan informasi yang diberikan oleh label file lagu.

Fitur
Selama tes, MiniLyrics menemukan lirik setiap lagu yang dimainkan, termasuk lagu-lagu berbahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, dan bahkan Jepang. Juga, dalam beberapa kesempatan di mana MiniLyrics tidak menemukan lirik yang tepat, mereka dapat diunduh dan ditampilkan dalam kurang dari 30 detik. Program ini bahkan dapat menyimpan lirik dalam mp3 file dan Anda dapat melihatnya pada iPod Touch atau iPhone. Pada sisi negatifnya, MiniLyrics menampilkan jendela yang mengganggu setiap kali Anda memulainya dan pengingat pendaftaran di atas setiap file lirik. Namun itu harga yang tampaknya sebagian besar fanatik musik akan bersedia membayar. MiniLyrics adalah colok masuk mengagumkan untuk pecinta musik yang ingin tahu apa yang dinyanyikan musisi favorit mereka.

Pro
Mendukung 15 pemutar yang berbeda
Data basis lirik yang menakjubkan
Jika pencarian lirik otomatis tidak bekerja, Anda dapat mencarinya secara manual dengan cara yang sangat mudah

Kontra
Memperlihatkan pengingat pendaftaran yang mengganggu. (Karena aplikasi saya dapat dari teman dan sudah teregister, maka pengingat ini tidak akan muncul 🙂 )

-Sekian-

Advertisements