Tags

FREEMAKE VIDEO CONVENTER – APLIKASI MENARIK UNTUK MENGKONVERSI / MENGUBAH-UBAH FORMAT EKSTENSI SUATU VIDEO

Freemake Video Conventer ? Aplikasi ini memang tidak bergitu terkenal dan jarang dimiliki oleh para user. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang apa itu Freemake Video Conventer? Apa kegunaan dari aplikasi ini? Apa keuntungan bagi anda yang senang menonton video-video baik music atau apapun? Pada bahasan kali ini saya lebih menekankan pada Freemake Video Conventer versi 3.2.1.0 karena saya pribadi menggunakan versi yang ini.

 5

Apa itu Freemake Video Conventer ?

Freemake Video Conventer merupakan sebuah aplikasi menarik untuk mengubah/mengkonversi format ekstensi dari sebuah data (video, audio) kedalam format ekstensi yang berbeda. Dapat pula mengubah foto-foto menjadi sebuah video dengan cepat dan mudah. Bahkan juga mampu membuat video-video kesukaan ada yang tersimpan di pc/laptop anda diubah dan dimasukkan kedalam cd, yang kemudian bisa anda tonton pada dvd player.

Apa saja kegunaan Freemake Video Conventer ?

  1. Aplikasi ini bisa mengubah format ekstensi video menjadi [AVI, WMV, APPLE, MPEG, MP4, MP3, 3GP, MKV, DVD, FLV, SONY, XBOX, SAMSUNG, ANDROID, YOUTUBE, BLU-RAY, SWF, HTML5, NOKIA, BLACKBERRY] sesuai dengan kebutuhanmu. Terkadang kita mendownload video pada laptop kemudian ingin diputar pada handphone/dvd player milik anda, namun perangkat anda tidak mampu untuk membaca file video tersebut. Maka dengan aplikasi ini anda dapat mengubah video tersebut untuk dapat sesuai dengan format video yang sesuai dengan perangkat handphone atau dvd player anda. Video yang diubah ekstensinya secara otomatis akan mengubah Size dari video tersebut. Kualitas hasil video convert-an juga akan mempengaruhi sizenya. Semakin baik dan tinggi kualitas video, maka akan semakin besar pula size (mb/gb) hasilnya. Untuk lebih jelas akan dibahas selanjutnya dibawah.
  2. Aplikasi ini bisa mengubah kapasitas parameters audio [mp3] menjadi 320kbps / 256kbps / 192kbps/ 128kbps/ 96kbps/ sesuai dengan kebutuhan anda. Semakin besar kbps yang anda pilih, semakin besar kualitas audio anda, semakin kecil kbps yang anda pilih akan semakin rendah pula kualitas audio anda. Namun bukan berarti merusak audio[mp3] tersebut, karena notabennya audio yang dihasilkan dengan pemilihan kbps kecil pun masih enak untuk didengar. Semakin besar kbps yang anda pilihpun akan memperbesar size hasil audionya [mb-nya] begitupun sebaliknya.
  3. Aplikasi ini juga bisa mengubah dvd kesukaan anda menjadi video atau audio yang berformat [AVI, WMV, APPLE, MPEG, MP4, MP3, 3GP, MKV, DVD, FLV, SONY, XBOX, SAMSUNG, ANDROID, YOUTUBE, BLU-RAY, SWF, HTML5, NOKIA, BLACKBERRY]. Terkadang kita memiliki dvd film/acara music yang amat sangat disuka, bahkan anda selalu tidak pernah bosan untuk menontonnya. [Dalam hal ini dvd bajakan ya, karena untuk dvd original terkadang ada yang tidak bisa dicopy dan diubah formatnya]. Kebiasaan anda menonton secara berulang-ulang, dan karena memang sudah lama akan mengurangi kualitas dari dvd. Bahkan ada kemungkinan rusak dan tidak terbaca lagi. Hal ini sungguh akan sangat mengecewakan bukan? Apalagi jikalau dvd film/music yang anda suka sulit dicari kembali dipasaran. Inilah fungsi dari aplikasi ini, mencopy dan memformat dvd kesukaan kita ke dalam pc/laptop yang kita miliki. Sebelum rusak dvd kesayangan kita lebih baik kita copy dan kita ubah formatnya kedalam bentuk Avi,Wmv,MPEG dan sejenisnya. Sehingga kapanpun dan dimanapun kita bisa melihat film/acara music yang kita suka dari berbagai macam perangkat.
  4. Aplikasi ini juga bisa mengubah foto-foto anda menjadi sebuah slide berjalan dalam format video. Namun ini hanya menjadi video sederhana, karna anda hanya dapat memberinya audio/lagu backsound. Anda tidak bisa mengedit video dengan variasi-variasi menarik, menambahkan animasi-animasi juga tidak bisa. Jadi hanya menghasilkan slideshow photo secara standar
  5. Pada aplikasi ini juga ada fungsi pengunggahan ke akun youtube milik anda, tentunya kalau fungsi ini harus didukung dengan koneksi internet.
  6. Aplikasi ini tidak akan menghilangkan file video,audio,photo yang asli, karena hasilnya akan membentuk file yang benar-benar baru.

TAMPILAN FREEMAKE VIDEO CONVENTER

1

 

Tambahan fungsi

2

 

3

Support Format Video /Audio/ Photo yang dapat menggunakan aplikasi ini adalah

4

Saya akan menjelaskan terlebih dahulu fungsi berikut :

1

+Video = Menu untuk memilih/menambah video yang ingin kita konversikan yang terdapat pada laptop/pc.

+Audio = Menu untuk memilih/menambah audio[lagu] yang ingin kita konversikan yang terdapat pada laptop/pc.

+DVD = Menu untuk menambah/memilih DVD yang ingin kita konversikan yang terdapat pada laptop/pc, fungsi DVD ini tentunya bila pada laptop/pc anda terdapat cdroom. Untuk notebook, karena tidak ada cdroom maka fungsi +dvd ini tidak akan bisa digunakan.

+Photo = Menu untuk menambah/memilih foto-foto yang akan kita konversi menjadi sebuah video slideshow.

+Paste URL = Menu untuk menambah/memilih video/audio/foto yang akan kita konversi yang terdapat pada sebuah website/internet. Fungsi ini berjalan jika kita sedang terkoneksi dalam jaringan internet.

Sedangkan,

1

to AVI = mengubah menjadi format [ .avi ]. Dibawah ini jika kita mengklik to AVI, pada Preset kita bisa memilih sesuai dengan ukuran video yang diinginkan. Save to adalah hasil akan dihasilkan dimana.

8

to WMV = mengubah menjadi format [ .wmv] “tampilan jika kita mengklik to WMV akan serupa dengan to AVI”

to Apple = mengubah menyesuaikan dengan ponsel/gadget apple baik ukuran maupun kapasitas. Tampilan jika kita mengklik to Apple, Preset akan menampilkan pilihan-pilihan ukuran video konversi sesuai model gadget apple.

 91

to DVD = mengubah dan sekaligus memasukan hasil konversi ke dalam dvd/cd. Fungsi double antara fungsi konversi dan juga fungsi burning. Tampilan jika kita mengklik to DVD adalah seperti dibawah ini. DVD title adalah judul dari dvd tersebut, dvd menu adalah untuk memilih model menu yang akan ditampilakan pada DVD. Choose destination akan langsung memilih pada cd/dvd kosong yang tentunya telah anda masukan terlebih dahulu pada cdroom laptop atau pc anda. Maka file konversi akan langsung diburn ke cd/dvd tersebut.

 92

to MPEG = mengubah menjadi file berformat [ .mpeg], tampilan akan sama dengan yang ada di to AVI.

to MP4 = mengubah menjadi file berformat [ .mp4], tampilan akan sama dengan yang ada di to AVI.

to MP3 = mengubah menjadi file berformat [ .mp3], bisa dari video menjadi mp3 atau dari audio menjadi mp3 dengan kbps yang berbeda.

to 3GP = mengubah menjadi file berformat [ .3gp], 3gp ini biasanya format video untuk diperangkat handphone. Jadi ini mengubah koleksi video kita yang ada di laptop yang sebelumnya tidak bisa dibuka dihp menjadi bisa dibuka pada perangkat handphone kita.

 99

to MKV = mengubah menjadi file berformat [ .mkv]

2

to FLV = mengubah menjadi file berformat [ .flv]

to Sony dan to Xbox = belum pernah saya gunakan, karena menurut saya kurang begitu penting.

to Samsung = mengubah menjadi file yang berformat dan berukuran sesuai dengan tipe hp-hp Samsung. Tampilannya akan seperti dibawah jika anda memilih fungsi to Samsung ini

 95

to Android = mengubah menjadi file yang berukuran sesuai dengan ukuran layar android anda.

to Youtube = mengupload ke akun youtube pribadi milik anda. Tentunya harus ada koneksi internet. Tampilannya akan tampak seperti berikut.

 96

to blu-ray, swf, HTML5 = fungsi ini juga jarang digunakan, saya anggap kurang penting juga.

3

to Nokia = mengubah menjadi file berukuran sesuai dengan tipe hp nokia anda.

97

to blackberry = mengubah menjadi file berukuran sesuai dengan tipe hp blackberry anda.

 98

 

Saya akan memberikan satu contoh : saya akan mengkonversikan sebuah video menjadi format MP4 menjadi format 3GP. Karena file yang akan dikonversikan video, maka klik/pilih + Video

2

Kemudian pilih video yang akan anda konversikan, saya memilih video Super Junior – Blue World

6

Setelah itu

7

Selanjutnya pilih akan di ubah kemana ( to ….) disini saya akan ubah jadi 3gp. Pilih ukuran 3gp yang diinginkan, kemudian pilih tempat penyimpanan hasil, lalu klik convert.

99

Dan konversi akan berjalan seperti ini

991

Tunggu hingga selesai seperti ini

992

Klik Ok, maka proses telah selesai, hasil konversi akan muncul di tempat penyimpanan yang telah dipilih tadi.

Contoh lain jika kita akan membuat slideshow dari photo-photo koleksi kita, langkah pertama adalah memilih + Photo. Kemudian pilih saja foto-foto yang ingin dibuat slideshow. Kemudia klik panah no 3 untuk menambah foto lain dan lagu.

994

Kemudian akan tampil

996

997

Jika sudah selesai semua, maka tinggal pilih format hasil apakah to 3GP, to MP4, atau yang lainnya dan convert seperti langkah mengkonversi video diatas tadi.

Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa langsung anda download di  http://www.freemake.com/free_video_converter/ tapi sudah dalam versi terbaru [version: 4.1.2] ada penambahan fungsi untuk pemotongan video, editor, dan tambah komplit. Yang pasti aplikasi ini sangat recomended untuk kalian miliki

—————-sekian———————