Tags

Pemisahan Tugas dalam Aktivitas-aktivitas Pengendalian menurut COSO

by. darmansyah

Pengendalian internal yang baik mensyaratkan bahwa tidak ada pegawai yang diberi tanggung jawab terlalu banyak.

Seorang pegawai seharusnya tidak berada dalam posisi untuk melakukan penipuan dan menyembunyikan penipuan atau kesalahan yang tidak disengaja. pernisahan tugas yang efektif dicapai ketika fungsi-fungsi berikut ini dipisahkan:

  • Otorisasi-menyetujui transaksi dan keputusan
  • Pencatatan-menpersiapkan dokumen sumber; memelihara catatan jurnaI; buku besar, dan file lainnya; mempersiapkan rekonsiliasi; serta mempersiapkan laporan kinerja.
  • Penyimpanan-menangani kas, memelihara tempat penyimpanan persediaan, menerima cek yang masuk dari pelanggan, menulis cek atas rekening bank organisasi

Apabila dua dari ketiga fungsi tersebut merupakan tanggung jawab satu orang, maka akan muncul masalah.

Contohnya, bendahara kota Fairfax, Virginia, sebelumnya dihukum atas pencurian sebesar $600.000 dari kekayaan kota. Ketika penduduk menggunakan uang tunai untuk membayar pajak mereka, bendahara tersebut akan menyimpannya.

Dia mencatat penerimaan pajak dalam catatan pajak bangunan, tetapi tidak melaporkannya ke kontroler kota. Kemudian, dia akan membuat jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan catatannya dengan catatan kontroler. Ketika bendahara tersebut menerima uang tunai untuk membayar biaya lisensi usaha atau biaya pengadilan, dia mencatat transaksi-transaksi ini ke daftar penerimaan kas dan menyimpan uang tersebut setiap harinya dia mencuri sebagian uang tersebut dan menyembunyikan perbedaan selisih dalam penyimpanan di bank dengan menggunakan cek lain-lain yang diterima melalui surat dan yang tidak akan terlacak ketika cek tersebut tidak dicatat.

Oleh karena bendahara tersebut bertanggungjawab atas penyinipanan tanda terima tunai dan pencatatan atas tanda terima tersebut, dia dapat mencuri tanda terima dan memalsukan akun, untuk menutupi kesalahan.

Advertisements