Tags

DEFINISI PERSEPSI

PERCEPTION

Di dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berhadapan dengan berbagai macam rangsangan (Stimulus) baik yang menyangkut dirinya sendiri sebagai mahluk individu ataupun sebagai mahluk social. Rangsangan ini dapat berupa rangsangan fisik maupun rangsangan non fisik. Reaksi terhadap suatu rangsangan berbeda-beda antara satu manusia dengan manusia lain, hal ini disebabkan karena manusia secara individu berbeda. Jadi secara individual manusia memberikan reaksi yang berbeda terhadap suatu rangsangan yang sama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995), Persepsi adalah tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu, atau merupakan proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca inderanya.

Pengertian persepsi menurut Gibson (1996 :134) adalah proses untuk memahami lingkungannya meliputi objek, orang dan symbol atau tanda yang melibatkan proses kognitif (pengenalan). Proses kognitif adalah proses dimana individu memberikan arti melalui penafsirannya terhadap rangsangan (Stimulus) yang muncul dari objek, orang, dan symbol tertentu. Dengan kata lain, persepsi mencakup penerimaan, pengorganisasian, dan penafsiran stimulus yang telah diorganisasi dengan cara yang dapat mempengaruhi prilaku dan membentuk sikap.

Dari Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa persepsi adalah proses dimana individu menseleksi, mengorganisir dan menginterpertasikan rangsangan kesan sensorik dan pengalaman masa lampau untuk memberikan gambaran terstktruktur dan bermakna pada situasi tertentu.

Advertisements