Tags

Holding Period

Holding_period_return_l

Menurut (Arma, 2013) mengemukakan bahwa:Holding period adalah rata-rata panjangnya waktu yang digunakan investor untuk menyimpan atau menahan suatu saham selama periode waktu tertentu”.Investor mempunyai resiko dalam berinvestasi saham yang mereka jual-belikan di pasar modal. Periode lamanya investor memegang suatu saham di lakukan untuk mendapatkan keuntungan yaitu berupa capital gain ataupun dividend yield.

Dalam praktiknya, setiap investor mempunyai selera tersendiri (appetite) terhadap saham-saham yang dibelinya. Ada yang suka saham property, ritel, semen, pertambangan, minyak dan gas bumi dan lain-lain (Zubir 2011:275)

Jika investor memperkirakan harga saham yang di milikinya akan meningkat maka investor cenderung untuk memegang saham tersebut hingga harga saham benar-benar naik. Sebaliknya, jika investor memperkirakan harga saham akan turun maka investor akan menjual saham yang dimilikinya. Hal ini dilakukan para investor untuk meminimalkan risiko yang akan dihadapinya.

Secara umum keputusan membeli atau menjual saham ditentukan oleh perbandingan antara perkiraan nilai intrinsik dengan harga pasarnya, dengan kriteria sebagai berikut (Halim, 2015: 13):

  1. Jika harga pasar saham lebih rendah dari nilai intrinsiknya, saham tersebut sebaiknya dibeli dan ditahan sementara dengan tujuan untuk memperoleh capital gain( keuntungan dari penjualan modal) jika kemudian harganya kembali naik.
  2. Jika harga pasar saham sama dengan nilai intrinsiknya, jangan melakukan transaksi. Karena saham tersebut dalam keadaan keseimbangan, transaksi pembelian atau penjualan saham tidak akan ada untung yang diperoleh.
  3. Jika harga pasar saham lebih tinggi dari nilai intrinsiknya, saham tersebut sebaiknya dijual untuk menghindari kerugian karena harganya kemudian akan turun menyesuaikan dengan nilainya.

Aturan umum tersebut sangat sederhana dan mudah dipahami, namun cukup sulit dipraktikkan. kesulitannya adalah dalam menentukan nilai intrinsiknya. Oleh karena itu, proses perhitungan tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.