Tags

Market Value

download

Market  value atau nilai pasar adalah  harga  saham yang  terjadi  di  pasar bursa pada  saat  tertentu yang  ditentukan  oleh  pelaku  pasar (Hartono 2013: 160), Market value dapat berubah-ubah secara fluktuatif. Faktor utama yang menyebabkan harga pasar saham berubah adalah adanya persepsi yang berbeda-beda dari masing-masing investor, sesuai dengan informasi yang dimiliki (Widoatmodjo dalam Arma, 2013).Market value dapat menjadi ukuran suatu perusahaanhal ini karena market value merupakan nilai sebenarnya dari aktiva perusahaan yang direfleksikan dipasar (Hadi, 2008).

Konsep perhitungan market value adalah dengan mengalikan  rata-rata harga  saham  selama  tahun  t  dengan  jumlah  saham  beredar  pada saham perusahaan i per akhir tahun ke-t (Perangin-angin dan Fauzi, 2013).Berdasarkan  besarnya  jumlah  saham yang  beredar  dan  harga  saham,  dapat dilihat  ukuran  suatu  perusahaan (Wisayang, 2011). Semakin banyak  jumlah  saham  yang  beredar  dan semakin  tingginya  harga  saham menunjukkan semakin besar ukuran sebuahperusahaan.

Melakukan investasi dengan perusahaan yang lebih besar biasanya memiliki risiko yang lebih kecil dari pada perusahaan kecil yang dapat mempengaruhi holding period (Stoll dan Whaley dalam Hadi, 2008). Market Value yang tinggi akan menyebabkan makin lamanya investor menahan kepemilikkan sahamnya, karena pelaku pasar masih menganggap bahwa prospek perusahaan di masa yang akan datang lebih baik, dan resikonya lebih kecil sehingga investor memiliki holding period yang panjang (Hadi, 2008).

 

 

Advertisements