Tags

,

Return On Invesment

ROI-image

  • Pengertian Return On Invesment

Return On invesment atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan  menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakaan. Dengan mengetahui rasio ini, akan dapat diketahui apakah perusahan efesien dalam memanfaatkan aktivanya dalam kegiatan operasional perusahan rasio ini juga memberikan ukursn yang lebih bbaik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan.

Analisa Return On Invesment (ROI) dalam analisa keungan mempunyai arti yang sangat penting sebagai salah satu teknik analisa keuangan yang bersifat menyeluruh. Analisa ROI ini sudah merupakaan teknik analisa yang lazim digunakan oleh pemimpinan perusahaan untuk mengukur efektivitas dari keseluruhan operasi perusahaan. ROI itu sendiri adalah salah satu bentuk dari rasio profitabilitas yang imaksudkan untuk dapat mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang diinvestasikan dalam aktiva yang digunakan untuk operasi perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Dengan demikian Return On Invesment (ROI) menghubungkan keuntungan yang diperoleh dari operasi perusahaan dengan jumlah investasi atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan operasi tersebut(Munawir, 2004:89 )

Rumus yang digunakan untuk mencari ROI adalah sebagi berikut:

capture-20151018-040528-crop

Return             On Invesment merupakan rasio yang menunjukan hasil (Return) atas jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efesiensi manajemen. Rasio ini menunjukan hasil dari  seluruh aktiva yang dikendalikannya dengan mengabaikan sumber pendanaan dan biasanya rasio ini diukur dengan persentase. (kasmir, 2010: 139).

Rumus yang digunakan  untuk mencari ROI menurut kasmir (2010: 139)  adalah sebagai berikut :

capture-20151018-040528-crop

  • Kegunaan dan Kelemahan Dalam Analisis Return On Invesment (ROI)

Menurut Munawir (2004:91) terdapat kegunan dan kelemahan dalam ROI adalah sebagai berikut:

Kegunaan dari ROI adalah sebagai berikut :

  1. Retrun on invesmen (ROI) bersifat menyeluruh artinya apabila perusahaan telah menjalankan teknik analisis ROI untuk mengukur efesiensi penggunaan opereting aset.
  2. Apabila data industri yang sejenis tersedia makan perushaan dapat mengalokasikan tingkat ROI dengan perusahaan lain yang sejenis.
  3. Analisis ROI dapat digunakan untuk mengukur tingkat efesiensi aktivitas perusahaan dalam mngalokasikan biaya dan modalnya.

Kelemahan ROI diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. ROI tidak dapat digunakan sebagai dasar perbandingan antara perushaan bila terdapat perbedaan-perbedaan dalam penerapan itu sejenis .
  2. Adanya fluktuatif nilai uang akan mempengaruhi nilai opereting aset dan profit margin.
Advertisements