Tags

PROPOSAL BUSINESS PLAN

 Logo_Unswagati

Anggota Kelompok :

1.      Irfan Fahmi K

2.      Allan M.Z.K

3.      M. Rizal Nugraha

4.      Panji Ismoyo

5.      Moh. Yazied

6.      Iqbal Rizalul Fikri

7.      Anita Mulia Putri

8.      Epi Linah

9.      Turini

10.  Sri Setiawati

11.  Yenni Indriarti

12.  Aini Indriyani

13.  Farida Aisyah S

14.  Lisnawati

15.  Sabilla Syifa

16.  Inayatul Maula

UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

BAB I

LATAR BELAKANG

Nama Usaha                : Le’o Leseh Resto

Bidang Usaha             : Kuliner

Jenis Produk                : Makanan dan Minuman

Tempat Usaha             : Parking Area Unswagati Campus 1 (3 Januari 2012)

1.1  Identifikasi Peluang Bisnis

Lingkungan kampus adalah lingkungan dimana banyak anak-anak kos yang tidak punya waktu untuk memasak makanan, untuk itu kami mengambil peluang ini untuk dijadikan sebuah kesempatan untuk memperoleh keuntungan dan pelanggan. Apalagi ketika siang hari ketika jam-jam istirahat dan makan siang. Hal ini menjadikan kami semakin kuat untuk membuat produk makanan berat.

1.2  Penjelasan Produk

Produk yang kami sediakan di stand bisnis kami merupakan produk makanan dan minuman. Untuk makanan kami menyediakan beberapa pilihan yaitu nasi lengko yang kami jadikan sebagai produk andalan, pisang coksu (coklat susu), jelly, serta cemilan (kacang, pilus, permen yupi). Untuk produk minuman yang kami jual yaitu pop ice (chocolate, mocca, strawberry), ale-ale, aqua gelas, es teh manis, serta teh hangat.

Produk nasi lengko kami buat pada saat pemesanan dari konsumen datang agar pada saat disajikan makanan ini masih dalam keadaan hangat. Produk ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut : beras, tahu, tempe, timun, tauge, kucai,  saus kacang, bawang goreng, kecap,serta kerupuk sebagai pelengkapnya. Untuk saus kacang kami buat dari rumah, karena cukup memakan waktu dalam proses pembuatannya. Sedangkan tempe tahu kami goreng ditempat pada saat hari-H.

Pisang coksu sama seperti nasi lengko, pembuatannya ketika munculnya permintaan dari konsumen. Pisang coksu ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut : pisang nangka, coklat, susu kental manis, serta mentega sebagai media pemanggangan. Proses pembuatannya cukup mudah pisang yang telah dikupas dan diiris kemudian dipanggang diatas teflon yang sebelumnya telah diberikan sedikit mentega. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses tersebut. Setelah itu pisang yang sudah jadi ditaburkan dengan coklat dan disiram dengan susu kental manis.

Jelly kami membuatnya dari rumah, karena produk ini membutuhkan pendinginan didalam kulkas saat prosesnya. Pada saat stand tidak memungkinkan untuk membawa kulkas ke tempat, sehingga jelly dibuat dari rumah. Jelly ini membutuhkan bahan-bahan seperti nutrijel, gula, keju, serta susu kental manis. Sedangkan cemilan kami sediakan sebagai pelengkap.

Produk pop ice kami menyediakan 3 rasa yaitu rasa chocolate, moccacino, dan strawberry. Pop ice ini kami proses dengan menggunakan blender, agar  bubuk pop ice dapat tercampur rata dengan air dan es. Kami juga menambahkan keju sebagai toping atasnya serta susu kental manis. Untuk ale-ale kami menyediakan ale-ale gelas maupun ale-ale yang diseduh, pilihan ini kami sediakan untuk konsumen yang mempunyai selera yang tentunya berbeda-beda. Aqua gelas kami hanya menjual dalam kemasan saja. Untuk teh kami menyediakan es teh manis dan  teh hangat, sehingga memungkinkan konsumen dapat memilih sesuai selera.

1.3  Latar Belakang Bisnis

Bisnis ini merupakan sebuah tugas sebagai praktik nyata dari mata kuliah kewirausahaan. Alasan kami memilih produk utama kami berupa makanan berat karena kami melihat peluang itu muncul, disaat siang hari merupakan saat-saat dimana orang dalam keadaan lapar dan mencari makanan.

1.4  Tujuan

  1. Tujuan Umum
    1. Mendapatkan keuntungan
    2. Memperoleh pengalaman yang berharga dalam berwirausaha
    3. Tujuan Khusus
      1. Memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan

1.5  Potensi Bisnis

Produk kami ini memiliki peluang bisnis yang potensial dan cukup menjanjikan. Karena produk ini sudah tidak asing lagi bagi para konsumen, begitupun dengan hal rasa yang ada. Produk makanan utama kami ini juga merupakan salah satu makanan khas daerah kita. Produk utama makanan kami ini tidak akan pernah sepi peminatnya dan akan tetap ada dari tahun ke tahun. Sesuatu hal yang telah familiar tidak akan sulit untuk mencari konsumennya.

BAB II

ANALISIS SWOT

2.1 Faktor Internal

1) Strength (Kekuatan)

a         Keunggulan produk

Kami membuat produk dengan mengutamakan rasa yang khas dan tampilan yang mengutamakan nilai estetika.

b        Varian produk banyak

Kami menawarkan varian produk yang banyak, namun dengan tetap menonjolkan makanan utama kami nasi lengko. Produk-produk lain kami jadikan sebagai pelengkap. Sehingga konsumen yang datang atau pun memesan dapat memilih sesuai dengan produk yang diingikan.

c         Produk sudah familiar

Produk-produk yang kami jual ini sudah sangat familiar dilidah para konsumen, sehingga akan relative lebih mudah untuk menarik konsumen datang dan memesan.

d        Cara membuat produk relative mudah

Produk-produk kami ini proses pembuatannya relative mudah, sehingga hampir setiap personil di tim kami bisa membuatnya.

e         Bahan baku mudah didapat

Bahan baku dari produk-produk yang kami jual ini sangat mudah didapatkan dan banyak dijual dengan harga yang relative murah. Bisa didapatkan di pasar – pasar tradisional maupun modern.

f         Harga dipatok lebih rendah

Harga yang kami tentukan untuk tiap-tiap barang kami pilih sedikit lebih rendah dari harga pasaran namun tetap akan menutupi biaya produksi. Kami juga membuat harga produk kami saling menutupi. Trik ini nantinya akan menarik minat konsumen, karena biasanya konsumen akan memilih harga yg lebih murah, namun dengan kualitas produk yang baik.

2) Weakness (Kelemahan)

a)      Belum memiliki cukup pengalaman

Pengalaman kami dalam memulai usaha masih sangat minim, ini menjadi satu titik kelemahan tersendiri yang mau tidak mau harus di atasi dengan kerja tim secara kompak.

b)      Kurangnya sumber daya modal

Modal yang kami kumpulkan secara bersama ini masih sangat kurang untuk mendanai terciptanya usaha ini. Tapi dana yang tebatas ini harus sangat kami kelola sehingga mampu untuk dapat mendanai ini semua.

2.2 Faktor Eksternal

1) Opportunities (Peluang)

  1. Banyaknya konsumen

Banyaknya mahasiswa dan dosen di kampus unswagati 1 kami jadikan sebagai sasaran sehingga kami cukup yakin tidak akan sepi dengan konsumen.

  1. Sistem Pemasaran

Pemasaran yang kami terapkan dalam tim adalah promosi. Kami gencar mempromosikan produk-produk kami melalui brosur/selembaran namun dengan tetap mengandalkan promo face to face. Jadi kami menyebarkan brosur namun dengan juga menjelaskannya kepada para sasaran konsumen. Sehingga pesan promo produk kami ini dapat tersampaikan.

  1. Sistem Pesan Antar

Kami juga menyediakan pelayanan pesan antar. Konsumen yang sedang tidak punya waktu untuk datang langsung, dapat memesan antar melalui media sms ataupun bbm. Namun juga terbatas hanya dilingkungan sekitar kampus 1 unswagati.

2) Threats (Ancaman)

  1. Keacuhan Konsumen

Terkadang pada saat promo berjalan kami akan menemukan sasaran konsumen yang acuh dan tidak menganggap, ini akan menjadi sebuah pelajaran berharga bahwa tidak semua konsumen dapat menerima kita.

  1. Banyaknya Kompetitor

Kompetitor kami cukup banyak, sekitar 6 tim lain yang akan bersaing menarik konsumen untuk membeli produk-produknya.

STRATEGI SWOT

STRENGTH

Keunggulan produk

Varian produk banyak

Produk sudah familiar

Cara pembuatan relative  mudah

Bahan baku mudah didapat

Harga dipatok lebih rendah

WEAKNESS

Belum memiliki cukup pengalaman

Kurangnya sumber daya modal

OPPORTUNITY

Banyaknya konsumen

Sistem pemasaran

Sistem pesan antar

Melakukan program promosi

Meningkatkan kualitas produk

Melakukan uji coba produk

Sehingga akan memudahkan kita untuk menilai bagaimana produk ini dibentuk.

Stand kami dirikan dengan tidak mengeluarkan modal lagi, sehingga modal dapat berfokus ke produk.

THREAT

Keacuhan konsumen

Banyaknya kompetitor

Melakukan promosi dengan gencar, namun tetap melihat bagaimana ketertarikan konsumen terhadap promosi kami. Meningkatkan kesabaran apabila muncul keacuhan konsumen. Mengelola modal dengan cermat

Meningkatkan kualitas promosi yang jalankan

 

BAB III

PERENCANAAN BISNIS

3.1 Sasaran dan Target Pasar

Sasaran atau target pasar kami adalah para dosen dan mahasiswa unswagati kampus 1 yang terdiri dari fakultas ekonomi, fakultas pertanian, dan fakultas tehnik. Banyaknya para dosen dan mahasiswa yang ada dikampus 1 ini membuat jumlah target konsumen yang banyak. Didukung dengan teknik promosi yang telah kami standarkan.  Untuk program jangka panjang, bisnis ini menjadi bahan pembelajaran untuk kelompok kami, apabila suatu saat mendirikan usaha.

3.2 Pembiayaan

a        Biaya Tetap (Fixed Cost) per tahun

Kami tidak mengeluarkan biaya tetap, karena peralatan dan perlengkapan yang kami gunakan dibawa oleh tiap-tiap anggota tim kami. Berikut daftar peralatan dan perlengkapannya :

  1. Tabung gas 3kg
  2. Tikar (4 buah)
  3. Panci dan Teflon
  4. Alat penanak nasi/Magiccom
  5. Meja Lipat (5 buah) dan Meja Besar (2 buah)
  6. Blender
  7. Termos Es, Termos Nasi, Galon air
  8. Kompor gas
  9. Piring (1 lusin) dan Gelas (6 buah)
  10. Nampan (6 buah) , Baskom (3 buah)
  11. Spatula, Parutan Keju, Talenan, Pisau, Sendok, Garpu
  12. Peralatan Kebersihan
  13. Tenda
  14. Taplak meja, toples plastic
  15. Tusuk gigi, tisu, sedotan

b        Biaya Variabel (Variabel Cost)

No

Nama Barang

Jumlah

Harga

1 Gas 3 kg 1 Tabung Rp. 14.500,-
2 Beras 3 kg Rp. 24.600,-
3 Kecap manis 1 botol Rp. 8.700,-
4 Tahu, Tempe Rp. 10.000,-
5 Toge, timun, kucai Rp. 5.000,-
6 Saus Kacang Rp. 6.000,-
7 Bawang goreng Rp. 4.000,-
8 Kerupuk 4 bungkus Rp. 5.000,-
9 Tepung Terigu 1 kg Rp. 10.000,-
10 Pisang 2 arit Rp. 14.000,-
11 Coklat batangan 1 batang Rp. 7.500,-
12 Susu kental manis 1 kaleng Rp. 8.600,-
13 Mentega 1 bungkus Rp. 2.300,-
14 Nutrijelly 3 pcs Rp. 4.500,-
15 Keju Rp. 7.500,-
16 Pop Ice 3 rasa 40 pcs Rp. 31.000,-
17 Ale Ale 1 dus Rp. 14.000,-
18 Aqua Gelas 1 dus Rp. 11.000,-
19 Teh kotak peco 3 pcs Rp. 1.000,-
20 Pilus 20 pcs Rp. 8.000,-
21 Kacang Garuda 20 pcs Rp. 8.000,-
22 Permen Yupi 1 pack Rp. 7.500,-
23 Air Isi Ulang 2 galon Rp. 7.000,-
24 Es Batu 1 termos es Rp. 8.000,-
25 Gula, Garam, Masako Rp. 15.400,-
26 Minyak Goreng ½ kg Rp. 5.200,-
27 Sayuran untuk gorengan Rp. 5.000,-
28 Tempat Pop Ice Rp. 10.000,-
29 Tempat Jelly + Pisang Coksu Rp. 7.500,-
30 Alat Penyajian,dll Rp. 26.700,-
31 Transportasi, parkir Rp. 22.500,-
TOTAL VARIABLE COST Rp. 320.000,-

c         Biaya Total

Biaya total       = Variable Cost + Fixed Cost

= Rp. 320.000 + Rp. 0

= Rp. 320.000

d        Biaya dan Harga Per Unit

  • Nasi Lengko

Biaya per unit : Rp. 1816

Harga jual per unit : Rp. 3000

  • Pisang Coksu

Biaya per unit : Rp. 2.073,33

Harga jual per unit : Rp. 2500

  • Jelly Miteti

Biaya per unit : Rp. 1.720

Harga jual per unit : Rp. 2000

  • Gorengan

Biaya per unit : Rp. 352

Harga jual per unit : Rp. 500

  • Pilus

Biaya pe unit : Rp. 400

Harga jual per unit : Rp. 500

  • Kacang garuda

Biaya per unit : Rp. 400

Harga jual per unit : Rp. 500

  • Pop Ice

Biaya per unit : Rp. 1.162,5

Harga jual per unit : Rp. 2500

  • Ale-ale

Biaya per unit : Rp. 583,33

Harga jual per unit : Rp. 1.000

  • Aqua gelas

Biaya per unit : Rp. 275

Harga jual per unit : Rp. 500

  • Es Teh

Biaya per unit : Rp. 540

Harga jual per unit : Rp. 1.500

  • The hangat

Biaya per unit : Rp. 420

Harga jual per unit : Rp. 1.000

e         Modal Awal

Modal awal     = Jumlah patungan x Jumlah anggota tim

= Rp. 20.000 x 16

= Rp. 320.000

f         Analisis Keuntungan

Pendapatan : Rp. 272.000

HPP :

1        Nasi Lengko    Rp. 1816 x 25 porsi                 = Rp. 45.400

2        Pisang Coksu  Rp. 2073,33 x 22 porsi            = Rp. 45.613,26

3        Jelly                 Rp. 1720 x 6 porsi                   = Rp. 10.320

4        Gorengan        Rp. 352 x 50 pcs                     = Rp. 17.600

5        Pop Ice            Rp. 1.162,5 x 24 pcs               = Rp. 27.900

6        Ale-ale             Rp. 583,33 x 4 pcs                  = Rp. 2.333,32

7        Aqua gelas      Rp. 275 x 4 pcs                       = Rp. 1.100

8        Teh                  Rp. 540 x 24 pcs                     = Rp. 12.960

9        Teh hangat      Rp. 420 x 3 pcs                       = Rp. 1.260

Total HPP                                                             = Rp.164.486,58

Keuntungan    = Pendapatan – Total Biaya

= Rp. 272.000 – Rp. 164.486,58

= Rp. 107.513,42

Jadi, kami mengalami keuntungan dalam satu hari sebesar Rp. 107.513,42 dengan menjual nasi lengko 25 porsi, pisang COKSU 22 porsi, jelly 6 porsi, gorengan 50 pcs, pop ice 24 pcs, ale-ale 4 pcs, aqua gelas 4 pcs, es teh manis 24 pcs, dan teh hangat 3 pcs.

g        Pengembalian Modal

Total HPP : Laba usaha          = Rp.164.486,58 : Rp. 107.513,42

= 1,53 hari

Catatan : dalam 1 hari menjual menjual nasi lengko 25 porsi, pisang COKSU 22 porsi, jelly 6 porsi, gorengan 50 pcs, pop ice 24 pcs, ale-ale 4 pcs, aqua gelas 4 pcs, es teh manis 24 pcs, dan teh hangat 3 pcs.

BAB IV

STUDI KELAYAKAN

4.1 Lokasi

Lokasi stand kami di sekitar lapangan parkir kampus unswagati 1 dekat FE. Kami disini memilih mendirikan tenda tepat ditengah lapangan, karena merupakan tempat yang paling mudah untuk dijangkau dan dilihat oleh orang banyak. Namun terkendala cuaca yang panas, untuk itu kami juga menyediakan kipas angin untuk memberikan kenyamanan para konsumen yang datang. Lokasi yang strategis berada di pusat, dengan kenyamanan dan menawarkan sensasi lesehan dalam tenda tentara menjadi satu paket unik yang menarik.

4.2 Sarana dan Prasarana

Untuk menunjang pendirian stand, kami meminjam sebuah tenda regu dengan melayangkan surat permohonan peminjaman kepada kodim. Untuk peralatan dan perlengkapan penunjang kami membagi tugas dengan setiap anggota tim. Sebagai media promosi kami membuat selebaran-selebaran yang berisikan daftar menu serta nomor hp maupun pin bb, karena kami menyediakan jasa pesan antar. Jadi, akan sangat membantu para konsumen mengetahui produk-produk kami, serta membantu dalam proses pemesanan yang mudah.

4.3 Sumber Daya Manusia

Anggota kami terdiri dari 16 orang, dimana setiap orang telah diberikan masing-masing tugas. 1 orang sebagai bagian kasir yang bertugas untuk menghimpun transaksi pembayaran, 1 orang sebagai assisten kasir yang bertugas menerima setiap pesanan melalui sms maupun bbm, 1 orang sebagai ketua yang bertugas sebagai pengatur, 4 orang sebagai bagian stand dan peralatan yang bertugas atas tenda, 3 orang sebagai bagian pemasaran yang menyebarkan brosur dan promosi, 2 orang sebagai bagian akuntansi yang bertugas menyusun laporan, 4 orang sebagai bagian produksi. Setiap orang disini harus mampu bekerja sama dengan baik, tidak hanya mengerjakan tugas pokoknya namun dapat pula saling mengisi dan melengkapi. Sehingga diharapkan suatu kekompakan dapat tercipta dan menjadi kekuatan pada tim kami.

BAB V

REAL BUSINESS PLAN

5.1 Rencana Manajemen

1. Strategi Pemasaran

            Banyaknya pesaing membuat kami harus mengedepankan strategi pemasaran kita agar lebih dominan untuk dilihat dan menjadi pilihan konsumen. Tahapan-tahapan strategi ini sebagai berikut :

  1. Pengembangan Produk

Produk yang kami jual kepada para konsumen dibuat beragam agar konsumen memiliki banyak pilihan alternatif.

  1. Pengembangan Wilayah Pemasaran

Area pemasaran utama adalah dikampus 1 Unsawagati dengan stand yang didirikan pada area parkir dekat TU Fakultas Ekonomi.

  1. Kegiatan Promosi

Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi dengan menyebarkan brosur dan dimaksimalkan dengan penjelasan apa yang tertera di brosur. Sehingga pesan yang ingin disampaikan agar lebih dimengerti oleh konsumen, juga menarik minat konsumen untuk memesan.

  1. Penjualan Delivery

Kami menyediakan pula pesan antar sehingga konsumen dapat memesan tanpa harus datang ke stand kami.

2. Strategi Produksi

            Kami memproduksi produk makanan seperti nasi lengko, pisang coksu pada saat terjadinya order/pemesanan dari konsumen. Ini dilakukan agar makanan dapat tersaji dengan hangat, karenan akan lebih nikmat dan enak ketika dalam keadaan masih hangat. Namun untuk makanan jelly kami tidak mungkin memproduksinya ditempat sehingga kami memberikan wewenang kepada salah satu anggota tim untuk memproduksinya dirumah.

3. Strategi Organisasi dan SDM

SDM juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh disini untuk mencapai sebuah keberhasilan usaha. Untuk lebih memudahkan dalam pekerjaan tim kami melakukan pembagian tugas kepada setiap anggota. Pembagian tugas ini dimaksudkan untuk adanya keterfokusan pekerjaan dan juga menghindari kebingungan dalam bekerja. Namun bukan berarti setiap orang hanya bertanggung jawab pada satu bagian, disini kami juga mengedepankan kerja sama tim yang solid, setiap orang dapat membantu pada berbagai bidang pula. Bagian dekorasi itu bertanggung jawab sebelum acara dan bagian akuntansi bekerja setelah acara, sehingga orang-orang dibagian ini dapat membantu pekerjaan bagian lain pada saat stand berlangsung. Begitu pula sebaliknya, bagian lain membantu bagian dekorasi dalam proses pendirian tenda yang kebetulan juga dibantu oleh rekan-rekan dari MAPALA GUNATI sehari sebelumnya. Dan dalam proses penyusunan laporan yang harus dihasilkan.

4. Strategi Penetapan Harga

            Penetapan harga disini menjadi hal yang sangat penting. Kelebihan kami disini adalah produk yang bervarians sehingga kami menetapkan harga dapat saling bersimbiosis mutualisme. Jadi harga produk-produk tersebut dapat saling menutupi setiap biaya yang telah dikeluarkan. Kami juga berusaha menetapkan harga terbaik yang terjangkau dengan sasaran konsumen kita yang sebagian besar mahasiswa. Dengan harga yang ditetapkan, kami juga tetap menjaga kualitas dari produk.

5. Rencana Pengembangan Produksi

            Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain :

v  Meningkatkan produksi

v  Memperluas jangkauan promosi

v  Meningkatkan kualitas produk

v  Menggeser produk-produk yang kurang diminati sehingga biaya dapat lebih terfokus kepada produk yang paling diminati

6. Analisis Resiko Usaha dan Antisipasinya

            Setiap usaha/bisnis pasti akan memiliki resiko, demikian pula dengan usaha singkat kami memiliki berbagai resiko sebagai berikut :

v  Produk kurang menarik minat konsumen

v  Modal usaha yang tidak dapat dikembalikan

v  Pemesanan palsu dalam system delivery

Untuk mengatasi resiko-resiko tersebut, kita melakukan antisipasi sebagai berikut :

v  Produk dibuat dengan varian yang cukup banyak

v  Mengoptimalkan penggunaan modal yang terbatas

v  Konfirmasi pemesanan yang dilakukan assisten kasir

5.2 Struktur Organisasi

xx 

5.3 Proses Produksi

            Proses produksi yang kami lakukan ada beberapa yang karna keterbatasan waktu dan peralatan ditempat stand kami membuatnya dirumah. Namun ada beberapa produk pula yang kami produksi secara langsung di tempat.

1. What

            Barang yang kami produksi adalah produk makanan dan minuman. Produk makanan terdiri dari nasi lengko sebagai utamanya, pisang coksu, jelly, gorengan, serta makanan ringan sebagai pelengkapnya. Sedangkan produk minuman terdiri dari pop ice, es teh, teh hangat, ale-ale, dan aqua gelas.

2. Who

            Dalam usaha kecil  kami ini, kami menetapkan job description antara lain :

v  Ketua Pelaksana

v  Bagian Akuntansi

v  Bagian Produksi

v  Bagian Pemasaran

v  Bagian Dekorasi

v  Kasir dan Asisten Kasir

3. Whom

            Sasaran kami adalah mahasiswa dan dosen fakultas ekonomi, pertanian, teknik, dan orang-orang disekitar Unswagati kampus satu.

4. When

            Kami mendirikan stand di lapangan parkir kampus 1 unswagati, hari kamis tanggal 3 januari 2012 dimulai pukul 08:00 sd selesai.

5.4 Pengelolaan Karyawan

            Untuk pengelolaan agar kerja tim lebih berjalan efisien, kami menerapkan pembagian kerja.  Namun dengan tetap berkoordinasi dengan yang lain dalam wujud saling membantu.

Lampiran 1

PERSEDIAAN AKHIR

Nama Barang

Jumlah

Perkiraan Harga

Pilus Garuda 20 pcs Rp. 8.000,-
Kacang Garuda 17 pcs Rp. 6.800,-
Pop ice 9 pcs Rp. 6.975,-
Pop ice 5 pcs Rp. 3.875,-
Pop ice 2 pcs Rp. 1.550,-
Ale-ale 16 pcs Rp. 11.200,-
Aqua 44 pcs Rp. 10.083,33,-
Tepung terigu ½ kg Rp. 2.500,-
Sayuran Rp. 2.500,-
Garam Rp. 1.000,-
Beras 1 kg Rp. 8.200,-
Kecap ½ botol Rp. 4.200,-
Toge, timu, kucai Rp. 1.500,-
Bawang Rp. 2.000,-
Krupuk Rp. 2.500,-

Total Persediaan Akhir

Rp. 72.883,33,-

Cat : Kacang garuda : 3 pcs sebagai hibah karena menunggu pesanan terlalu lama

Lampiran 2

Cirebon, 1 Januari 2013

Nomor      : 001/Akt.D/Januari/2013                                                   Kepada Yth.

Lampiran  : –                                                                                             PASITER KODIM 14

Perihal      : Pinjaman Tenda Regu                                                              Ditempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berkenaan dengan akan diselenggarakannya tugas praktik kewirausahaan “Memulai Usaha”  kami bermaksud untuk meminjam sebuah tenda regu untuk pendirian stand kami. Insyaallah akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal  : Kamis, 3 Januari 2012

Waktu             : 08-00 sd selesai

Tempat            : Lokasi parkir bagian UNSWAGATI

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan. Atas segenap perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua Kelompok

Irfan Krisnayadi

Lampiran 3

Brosur/Selebaran

aa

Catatan : Produk donat dinut dibatalkan pada hari H

Lampiran 4

Foto Kegiatan

 leo

Gambar 1. Kenampakan depan stand

 183379_314625478654469_1599457082_n 183379_314625481987802_1297068947_n 183379_314625485321135_1147104866_n 154500_314626348654382_2128381470_n 154500_314626351987715_200540351_n 154500_314626358654381_680145368_n 542200_314618725321811_1052964821_n 542200_314618728655144_1970134221_n 542200_314618731988477_1136769176_n

Gambar 2. Tim didepan stand

 74519_314620711988279_1842134955_n 165039_314622948654722_1820478124_n 582359_314623945321289_605728987_n 582359_314623948654622_310030334_n

Gambar 3. Proses Memasak

 165039_314622935321390_355018547_n 307221_314621798654837_1452463517_n

Gambar 4. Kegiatan menyiapkan pesanan

165039_314622941988056_847684493_n

Gambar 5. Kegiatan mencuci

 165039_314622945321389_93105083_n 307221_314621811988169_2012051827_n

Gambar 6. Pembeli yang sempat kami sempat ambil fotonya

 Kegiatan Lainnya dan Kebersamaan Tim

 27266_314627658654251_1224926670_n 74519_314620718654945_1539133484_n 74519_314620721988278_676540710_n 74519_314620725321611_825500887_n 154500_314626355321048_2072176965_n 154500_314626361987714_963618286_n 307221_314621805321503_858822342_n 307221_314621808654836_1341868074_n 542200_314618721988478_534444475_n 542200_314618735321810_1842299796_n 582359_314623938654623_1845824310_n 582359_314623941987956_749154351_n27266_314627648654252_1804149944_n 27266_314627651987585_766866888_n 183379_314625471987803_746460277_n 183379_314625475321136_1956190901_n 307221_314621801988170_1313638916_n

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements